Pedoman Standar Pelayanan

Tujuan

Pedoman Standar Layanan bertujuan untuk menjamin kualitas dan meningkatkan layanan kepada pelanggan, serta menjadi acuan standar yang diberlakukan pada semua Kantor Area PT Sertifikasi Instalasi Prima.


Pedoman Standar Layanan PT SIP mengacu pada Manajemen Mutu PT SIP dan Tingkat Mutu Pelayanan sebagai berikut :

  1. Manajemen Mutu PT SIP yang menjadi Pedoman Standar Layanan

    1. Bagian II pasal 2.1.5 tentang Kebijakan Mutu.
    2. Bagian II pasal 2.1.6 tentang Sasaran Mutu.
    3. SOP No. 007-SOP-Teknik tentang Pemeriksaan dan Pengujian Instalasi.
    4. SOP No. 008-SOP-Teknik tentang Proses Penerbitan SLO Mandiri Offline.
    5. SOP No. 009-SOP-Teknik tentang Proses Penerbitan SLO Mandiri Online.
    6. SOP No. 010-SOP-Teknik tentang Proses Penerbitan SLO LSP.
    7. SOP No. 012-SOP-MM tentang Pengendalian Ketidaksesuaian.
    8. SOP No. 018-SOP-TEKNIK tentang Penerimaan Permohonan SLO.
    9. SOP No. 019-SOP-TEKNIK tentang Pelaporan Hasil Sertifikasi.
    10. SOP No. 020-SOP-TEKNIK tentang Penerbitan Sertifikat Laik Operasi.
    11. SOP No. 022-SOP-TEKNIK tentang Pemeriksaan Peralatan/Tempat Uji Kompetensi.
    12. SOP No. 023-SOP-TEKNIK tentang Mekanisme Penyampaian Keluhan dan Ganti Rugi.
    13. SOP No. 024-SOP-SEKPER tentang Mekanisme Perekrutan Tenaga Teknik.
    14. SOP No. 025-SOP-SEKPER tentang Mekanisme Perekrutan Pegawai.
    15. SOP No. 027-SOP-TEKNIK tentang Pengawasan Terhadap Pemegang SLO
    16. SOP No. 028-SOP-TEKNIK tentang Prosedur Pemberian Ganti Rugi
    17. SOP No. 029-SOP-SEKPER Pengarsipan Dokumen Kelengkapan SLO-TR
    18. SOP No. 030-SOP-SEKPER Pengarsipan Dokumen Perizinan dan Sertifikat Kompetensi
    19. SOP No. 031-SOP-TEKNIK tentang Pemeriksaan Urutan Fasa, Pengukuran Penampang Kabel Dan Penentuan Titik Koordinat Lokasi
    20. SOP No. 032-SOP-SEKPER tentang Mekanisme Pengingat Masa Perizinan
    21. SOP No. 033-SOP-MM tentang Pelaksanaan Mekanisme Audit Internal
    22. Formulir No. 004-FORM-KP tentang Formulir Banding.
    23. Formulir No. 005-FORM-KP tentang Penyelesaian Banding oleh Penanggung Jawab Teknik.
    24. Formulir No. 006-FORM-KP tentang Pembentukan Tim Banding.
    25. Formulir No. 007-FORM-KP tentang Penyelesaian Banding oleh Tim Banding.
    26. Formulir No. 008-FORM-KP tentang Form Permohonan Pemeriksaan Instalasi Listrik
    27. Formulir No. 009-FORM-KP tentang Form Perintah Kerja Pemeriksaan Instalasi Listrik
  2. Tingkat Mutu Pelayanan

    1. Waktu pelayanan SLO
      a. Layanan Mandiri : maksimal 3 hari kerja semenjak Pelanggan membayar biaya SLO
      b. Layanan Online : maksimal 3 hari kerja semenjak Pelanggan membayar biaya SLO
      c. LSP : maksimal 3 hari kerja semenjak PT SIP memerima Work Order (Perintah Kerja) dari PLN
    2. Response time (waktu menanggapi) terhadap keluhan pelanggan maksimal 1 hari kerja.
    3. Waktu penyelesaian atas keluhan pelanggan maksimal 1 hari kerja
    4. Waktu penyelesaian Banding
      a. Oleh PJT Wilayah : maksimal 2 hari kerja setelah Pelanggan mengisi Formulir Banding.
      b. Oleh Tim Banding : maksimal 14 hari kerja setelah Pelanggan mengisi Formulir Banding.
  3. Biaya Sertifikasi

    Biaya Sertikasi Laik Operasi maksimal sebesar angka yang tercantum pada Lampiran III Permen ESDM No. 27 Tahun 2017 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya Yang Terkait Dengan Penyaluran Tenaga Listrik Oleh PT PLN (Persero) sebagai berikut:
    No. Kapasitas Daya Biaya Tertinggi (Rp)
    1 Daya tersambung s.d. 450 VA 40.000
    2 Daya tersambung 900 VA 60.000
    3 Daya tersambung 1.300 VA 95.000
    4 Daya tersambung 2.200 VA 110.000
    5 Daya tersambung 3.500 VA s.d. 7.700 VA 30/VA
    6 Daya tersambung 10.600 VA s.d. 23.000 VA 25/VA
    7 Daya tersambung 33.000 VA s.d. 66.000 VA 20/VA
    8 Daya tersambung 82.500 VA s.d. 197.000 VA 15/VA
    9 Daya tersambung di atas 197 kVA s.d. 1 MVA 13/VA
    10 Daya tersambung di atas 1 MVA s.d. 2 MVA 11/VA
    11 Daya tersambung di atas 2 MVA s.d. 3 MVA 9/VA
    12 Daya tersambung di atas 3 MVA s.d. 5 MVA 7/VA
    13 Daya tersambung di atas 5 MVA s.d. 12 MVA 5/VA
    14 Daya tersambung di atas 12 MVA s.d. 46 MVA 4/VA
    15 Daya tersambung di atas 46 MVA 3/VA
    Biaya diatas sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN)
  4. Persyaratan Permohonan SLO

    Guna mendapatkan SLO, Pemohon harus memberikan data dan dokumen sebagai berikut:
    Data/Dokumen Mandiri Offline Mandiri Online LSP
    Data lengkap yang dibutuhkan :
    - NIDI & Nomor KTP pendaftaran NIDI
    - Nama Pemilik Instalasi
    - Nomor Telepon; Email
    - Alamat lengkap & Titik Koordinat Instalasi yang akan di SLO
    - Tarif Dasar Listrik dan Daya
    - ID Pelanggan (untuk layanan Ubah Daya)
    Dokumen lengkap yang dibutuhkan :
    - Copy KTP Pemohon
    - Gambar Tata Letak Instalasi
    - Diagram Satu Garis
    Pembayaran
  5. Penanggung Jawab Proses.

    • Manajer Area bertanggung jawab atas pelaksanaan dan proses SLO dan keluhan Pelanggan.
    • General Manager bertanggung jawab atas pelaksanaan SLO di wilayahnya dan penyelesaian banding.
    • Direktur Utama bertanggung jawab atas penyelenggaraan Lembaga sesuai ketentuan Perundangan yang berlaku.
  6. Alur Proses Penerbitan SLO.

    Alur Proses Sertifikasi dari awal permohonan hingga penerbitan sertifikat terdapat pada SOP No. 018-SOP-Teknik tentang Penerimaan Permohonan SLO; SOP No. 019-SOP-Teknik tentang Pelaporan Hasil Sertifikasi; dan SOP No. 020-SOP-Teknik tentang Penerbitan Sertifikat Laik Operasi.

Diwajibkan bagi seluruh Kantor Wilayah dan Kantor Area PT SIP untuk mematuhi ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur pada Pedoman Standar Layanan ini.